Selamat Datang

"Keluarga... setiap hari penuh dengan cerita.. Selamat datang di blog yang berisi cerita seputar keluarga dengan ungkapan kata-kata yang penuh arti...

Semoga Bermanfaat...

Senin, 23 Juni 2008

Berburu Sekolah

Tadi pagi... Ibu berangkat kerja naek angkot menuju stasiun Bekasi bareng ma Ibu-ibu dan anak-anaknya dengan membawa map. Pagi tadi masih jam 6 pagi tapi kok banyak ibu-ibu dah rapi ya... "pada mau kemana bu, pagi-pagi?" tanya Ibu. "Mau daftarin sekolah di SD Negri Harapan Baru" jawab Ibu-ibu itu. Pagi-pagi gini? tanya Ibu lagi. "Wah.. ini mah kesiangan bu, tahun kemaren malah saya berangkat jam 5.30 pagi aja udah penuh n padet" jawab salah seorang Ibu. Padahal sekolah tersebut tidak begitu jauh dari kompleks perumahan. Dan benar pas angkot lewat sekolah tersebut, wah... dah ramai dengan Bapak-bapak n Ibu-ibu beserta anak-anak mereka.

Ibu jadi berfikir, bagaimana dengan Rifa tahun depan ya? apa emang bakal berebutan kayak gitu?. Katanya sih sekolah itu favorit n pencanangan SD Negri gratis menjadi alasan bagi orang tua tuk menyekolahkan anak-anaknya disitu. Atau karena dah mepet waktu jadinya berebutan gitu? Entahlah...

Memilih sekolah emang bikin bingung. Ibu banyak mendapatkan rekomendasi dari banyak teman tentang sekolah-sekolah favorit n bonafit. Tapi.. apa itu yang dicari untuk anak ibu??. Ibu hanya ingin anak ibu kelak mendapatkan sekolah yang membuat dia nyaman dan senang berada di sekolah dan lingkungannya. Teman-temannya asyik, guru-gurunya kooperatif termasuk kantin dan antar jemputnya, sehingga Mba Rifa dan Dede Fakhri juga senang belajar nantinya.

Dulu waktu ibu sekolah, ibu enjoy berada di sekolah, sampai selalu merasa kangen berada di sekolah. Karena teman-teman ibu selalu membuat ibu tertawa terbahak-bahak, guru-guru ibu selalu membuat ibu mengerti pelajaran yang diajarkan, kantin sekolah yang menyajikan beraneka ragam makanan yang enak-enak dll. Dan dulu waktu ibu SD di pagi hari maka di sore hari ibu kembali sekolah di Madrasah tuk belajar ilmu agama malah sampe dapet ijasah. Tapi.. kok sekarang tdk ada madrasah tuk anak SD sih?. Jadi.. kepikiran tuk masukin anak sekolah di SDIT (sekolah Dasar Islam Terpadu) yang banyak tersebar di Bekasi. Mudah-mudahan dapet rekomendasi yang oke punya n pastinya dengan survey dulu deh...

Jadi inget ma cerita teman yang anaknya tiba-tiba tidak mau berangkat sekolah. Sang anak tidak mau cerita dengan sang bunda sampai orang tuanya mengajak ke Psikiater untuk mengetahui kecemasan anak dan tenyata sekolahnya, guru dan teman-temannya tidak membuat sang anak nyaman. Dia pernah dibentak oleh sang guru dan dinakalin oleh teman-temannya sehingga dia trauma bersekolah dan Alhamdulillah dia akhirnya pindah sekolah dan sekarang dia enjoy dengan sekolahnya yang baru.

Memilih sekolah yang cocok bagi anak memang membuat orang tua berfikir keras. Orang tua juga harus memilih sekolah yang terbaik bagi anak-anaknya bahkan sampai mereka besar orang tua masih mempunyai kewajiban untuk mengarahkan anak-anaknya dengan mendengarkan keinginan anak untuk cita-cita dan kemampuannya agar anak-anak dapat belajar akademik dengan enjoy dan bersemangat juga agar mereka dapat bersosialisasi dan berekspresi dengan baik.





6 komentar:

Keke Naima mengatakan...

emang jaman sekarang susah2 gampang ya cari sekolahan. Pilihan sih banyak, tapi tepat atau tidak itu yang susah.. Udah mulai SD ya mbak? Kl anak sy br mau msk TK, alhamdulillah dpt TK yg sreg. Untuk SDnya sie sy lebih milih home schooling aja kayaknya..

Anonim mengatakan...

setuju va, yang penting tujuan utama sudah jelas, selanjutnya akan lebih mudah mencari sekolah yang kira2 tepat buat anak-anak...

Novy Chrystiana mengatakan...

iya bu, pilih sekolah harus sesuai dengan "visi dan misi" kita. tdk harus sklh favorit kok! kalo aliya sudah "paten" di Budi mulia Dua- dari pra tk-Tk sampai SD. Kami sdh cocok disini dg sistem pengajaran yg tdk pernah memaksa anak.anak akan dikembangkan sesuai potensinya! hehe...mlh promosi!

Anonim mengatakan...

Mba Rifa tahun ini TK B n Dede Fakhri PG n Alhamdulillah TKITnya Insya Allah lebih mentingin EQ dulu baru IQ jadi dikembangin agar anak-anak memiliki potensi diri dan percaya diri dulu baru intelektualnya n kayaknya saya cocok dg sistem pembelajarannya.
Thank semua atas komen nya...

Anonim mengatakan...

Betul bu, cari sekolah buat anak memang ga semudah bayangan. Kalo ga sesuai bisa2 anak kita malah trauma untuk sekolah, bahaya kan? Yang pasti namanya anak2 ya harus enjoy dulu baru mereka bisa diarahkan.

Keep sharing ya tentang pemilihan sekolah buat anak, tar saya belajar dari ibu ;)

Vera mengatakan...

waaa....cari sekolah emang bikin bingung, palagi klo byk pilihan ya....